biografi michael peps



Profil michael peps


Nama Lengkap : Michael Phelps
Profesi : olahragawan (renang)
Tempat Lahir : Baltimore, Maryland, Amerika Serikat
Tanggal Lahir : Minggu, 30 Juni 1985
Zodiac : Cancer
Warga Negara : Amerika


Michael Peps merupakan perenang asal Amerika. Ia juga merupakan pemecah rekor dunia sejak 2006. 
Di usianya yang menginjak 15 tahun, Michael Phelps mengikuti ajang Olimpiade 2000 di Sydney. Di ajang tersebut, ia terjun di kategori 200 meter gaya kupu-kupu. Dalam ajang ini, ia dinobatkan sebagai perenang termuda. Sayangnya, ia tidak mendapatkan medali apapun. Setelah keikutsertaannya itu, ia dikenal dalam dunia renang. Setelah Olimpiade Sydney, Phelps mengikuti lomba renang lagi. Dalam lomba tersebut, ia juga memecahkan rekor dunia sebagai perenang putra termuda yang pernah ada. Saat itu ia berusia 15 tahun 9 bulan. Lalu, ia kembali memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri di Kejuaraan Dunia Renang di Fukuoka, Jepang (1:54.58). Di tahun 2002 pada kejuaraan nasional di Fort Lauderdale, Florida, Phelps juga memecahkan rekor dunia pada nomor 400 m gaya individual dan memecahkan rekor nasional AS pada nomor 100 m gaya kupu-kupu dan nomor 200 m gaya individual.
Selanjutnya, di tahun 2003, Phelps memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri di nomor 400 m gaya individual (4:09.09) dan pada bulan Juni, ia memecahkan rekor dunia di nomor 200 m gaya individual (1:56.04). Lalu pada 7 Juli, 2004, Phelps memecahkan rekor dunia lagi atas namanya serndiri di nomor 400 m gaya individual (4:08.41) dan menjadi andalan Amerika Serikat di Olimpiade 2004.
Phelps juga pernah tersangkut kasus kriminal. Pada 4 November, 2004, Phelps ditahan polisi di Salisbury, Maryland karena mabuk saat sedang mengemudikan mobil setelah menerobos tanda pemberhentian di mobil Land Rover-nya bersama kedua temannya. Phelps, pada saat berusia 19 tahun ditahan dan diperiksa polisi karena mengemudikan mobil dibawah pengaruh alkohol. Dan, saat dites darahnya memang mengandung alkohol. Phelps dinyatakan bersalah karena kasus mengemudikan mobil tanpa izin, mengemudikan mobil dibawah pengaruh alkohol, mabuk dibawah umur dan menerobos tanda berhenti kendaraan.
Pada 29 Desember, 2004, Phelps kembali berurusan dengan pihak kepolisian. Ia dituntut 18 bulan masa percobaan. Ia juga didenda $250 karena mengganggu ibunya saat sedang mengemudi dalam keadaan mabuk dan mengganggu para siswa di 3 Area SMA pada 1 Juni, 2005.

Namun, ia segera bangkit dari keterpurukan. Di Olimpiade Beijing 2008, dia berambisi memecahkan rekor Mark Spitz yang meraih tujuh emas dalam satu kali kejuaraan Olimpiade. Dan akhirnya, ia berhasil mewujudkan ambisinya  tersebut menjadi kenyataan. Phelps meraih delapan medali emas di Olimpiade bergengsi tersebut dengan lima emas di antaranya adalah nomor individu; dan lima di antaranya dengan pemecahan rekor dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karya Tulis Ilmiah: Kiat sukses meghadapi ujian nasional

legenda kota surabaya

ALAT -ALAT EKSKRESI PADA MANUSIA