ILMU SASTRA DAN BAHASA INDONESIA





DRAMA

kali ini saya akan menulis sedikit ilmu sastra tentang drama yang mungkin bisa lebih mudah dipahami bagi anda dan saya mengetik menggunakan bahasa yang saya harapkan dipahami bagi anda .

  • Drama adalah, suatu bentuk sastra baru yang berbentuk dialog yang bertujuan di pentaskan
  • Drama mempunyai unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
  • unsur intrinsik terdiri dari : 1. judul , 2. tema, 3. tokoh, 4. penokohan, 5. latar, 6. alur, 7.konflik, 8. amanat.
  • unsur ekstrinsik drama adalah hal-hal yang berada di luar struktur karya sastra, namun amat mempengaruhi karya sastra tersebut. Misalnya faktor-faktor sosial politik saat karya tersebut diciptakan, faktor ekonomi, faktor latar belakang kehidupan pengarang, dan sebagainya.

  • unsur-unsur yang terdapat pada pementasan drama : 
             a. naskah
             b. seni peran
             c. tata panggung 
             d. tata busana/kostum 
             e. tata musik 
             f.tata lampu
setelah anda membaca ilmu sastra yang saya tulis diatas, saya berharap anda akan lebih menyukai dan mencintai indonesia, karena di indonesia, ILMU SASTRA ADALAH ILMU YANG INDAH , terimakasih sudah mampir di blog saya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karya Tulis Ilmiah: Kiat sukses meghadapi ujian nasional

legenda kota surabaya

ALAT -ALAT EKSKRESI PADA MANUSIA